Pengertian Masyarakat
Istilah masyarakat berasal dari bahasa
Arab musyarakah. Dalam bahasa Arab sendiri masyarakat disebut dengan sebutan mujtama`, yang menurut Ibn Manzur dalam Lisan al `Arab mengandung arti (1)
pokok dari segala sesuatu, yakni tempat tumbuhnya keturunan, (2) kumpulan dari orang banyak yang berbeda-beda .
Sedangkan musyarakah mengandung arti berserikat, bersekutu dan saling bekerjasama.
Jadi dari kata musyarakah dan mujtama` sudah dapat ditarik pengertian bahwa masyarakat adalah kumpulan dari orang banyak
yang berbeda-beda tetapi menyatu dalam ikatan kerjasama, dan mematuhi peraturan yang disepakati bersama
Kehendak menyatu dalam satu tatanan dari dua atau beberapa kutub perbedaan, prosesnya membutuhkan waktu
yang panjang. Masyarakat
Indonesia misalnya setengah abad merdeka belum cukup waktu untuk menyatu dalam sebuah masyarakat
Indonesia meski sudah diwadahi dengan istilah Bhineka Tunggal Ika.
Abad
pertama kemerdekaan Indonesia nampaknya masyarakat
Indonesia sebagai satu kesatuan masih merupakan nation in making, masih dalam proses menjadi.
Hambatan dari proses itu adalah adanya rujukan dan kepentingan
yang berbeda-beda
Pengertian Budaya
kebudayaan adalah konsep, keyakinan, nilai dan norma
yang dianut masyarakat yang mempengaruhi perilaku mereka dalam upaya menjawab tantangan kehidupan
yang berasal dari alam sekelilingnya
Sekurang-kurangnya ada enam nilai
yang amat menentukan wawasan kebudayaan, yaitu : ekonomi, solidaritas,
agama, seni, kuasa dan teori.
Enam nilai budaya itu selanjutnya menentukan konfigurasi kepribadian dan norma etik individu maupun masyarakat. Nilai apa
yang paling dominan pada seseorang atau sekelompok orang, atau bahkan suatu bangsa akan menentukan “sosok” mereka sebagai manusia budaya (al insan madaniyyun bi at thab`i).
Kebudayaan suatu masyarakat diilhami oleh tata alam, tata
social, iptek dan keyakinan agama
Oleh karena itu kita mengenal ada kebudayaan
Barat, kebudayaan Timur, kebudayaan
Islam, dan ada kebudayaan muslim
Kebudayaan ada
yang bersifat tinggi dan ada yang bersifat sederhana atau bahkan rendah (misalnya budaya korupsi). Pada tingkat “kota” kebudayaan berkembang menjadi peradaban.
Pengertian Masyarakat
Istilah masyarakat berasal dari bahasa
Arab musyarakah. Dalam bahasa Arab sendiri masyarakat disebut dengan sebutan mujtama`, yang menurut Ibn Manzur dalam Lisan al `Arab mengandung arti (1)
pokok dari segala sesuatu, yakni tempat tumbuhnya keturunan, (2) kumpulan dari orang banyak yang berbeda-beda .
Sedangkan musyarakah mengandung arti berserikat, bersekutu dan saling bekerjasama.
Jadi dari kata musyarakah dan mujtama` sudah dapat ditarik pengertian bahwa masyarakat adalah kumpulan dari orang banyak
yang berbeda-beda tetapi menyatu dalam ikatan kerjasama, dan mematuhi peraturan yang disepakati bersama
Kehendak menyatu dalam satu tatanan dari dua atau beberapa kutub perbedaan, prosesnya membutuhkan waktu
yang panjang. Masyarakat
Indonesia misalnya setengah abad merdeka belum cukup waktu untuk menyatu dalam sebuah masyarakat
Indonesia meski sudah diwadahi dengan istilah Bhineka Tunggal Ika.
Abad
pertama kemerdekaan Indonesia nampaknya masyarakat
Indonesia sebagai satu kesatuan masih merupakan nation in making, masih dalam proses menjadi.
Hambatan dari proses itu adalah adanya rujukan dan kepentingan
yang berbeda-beda
Membangun Masyarakat
Secara lahir, masyarakat nampaknya terbangun secara alamiah, tetapi bagi pemimpin, masyarakat itu harus dibangun.
Membangun apa saja
harus ada konsepnya. Bangunan tanpa konsep atau salah konsep akan berakibat rusaknya tatanan,
Indonesia
adalah negeri dengan jumlah pemeluk Islam terbesar di dunia, tetapi bangunan masyarakat
Indonesia belum tentu bisa disebut masyarakat Islam, (masyarakat muslim ok)
Buktinya bangsa kita Dewasa ini sedang diterpa berbagai predikat negatip,
yang menjadikan agama
yang dianut seakan tidak relevan dengan kualitas masyarakatnya..
Ketika dunia mengalami krisis, banyak orang mencari konsep atau pemikiran alternatip sebagai upaya mencari solusi. Diantara pemikiran
yang kini ditengok adalah konsep Islam tentang berbagai hal. Seperti Islamic finance ,Bank syari’ah ,Asuransi syari’ah, akuntansi syari’ah, reksadana syari’ah, menejemen syari’ah dan sebagainya.
Membangun Karakter
Ada perilaku yang bersumber dari karakter seseorang, tapi ada juga perilaku yang bersumber dari temperamennya. Apa bedanya?
Temperamen merupakan corak reaksi seseorang terhadap berbagai rangsangan yang berasal dari lingkungan dan dari dalam diri sendiri. Temperamen berhubungan erat dengan kondisi biopsikologi seseorang, oleh karena itu sulit untuk diubah dan bersifat netral terhadap penilaian baik buruk.
Sedangkan karakter berkaitan erat dengan penilaian baik buruknya tingkah laku seseorang didasari oleh bermacam-macam tolok ukur yang dianut masyarakat. Karakter terbentuk melalui perjalanan hidup seseorang, oleh karena itu ia dapat berubah. Jika temperamen tidak mengandung implikasi etis, maka karakter justeru selalu menjadi obyek penilaian etis.
Terkadang orang memiliki temperamen yang berbeda dengan karakternya. Ada orang yang temperamennya buruk, padahal karakternya baik, atau sebaliknya.
Dasar-Dasar Perilaku
Tiap-tiap perbuatan manusia yang dilakukan secara sadar disebut sebagai kelakuan atau tingkahlaku (behavior). Berkata benar, perkataan dusta, perbuatan kebajikan, perbuatan kejahatan, adalah perbuatan yang bukan hanya bersifat lahir, tetapi mempunyai dasar-dasar di dalam jiwa.
Makna senyuman tidak terletak di bibir tetapi terhunjam di dalam jiwa orang yang tersenyum itu. Demikian pula suatu pukulan tangan , maknanya tidak pada kerasnya pukulan, tetapi pada motif yang terkandung dalam perbuatan memukul itu.
Untuk mengetahui makna tingkahlaku seseorang tidak cukup dengan melihat tingkahlaku yang nampak, tetapi harus menganalisis dasar-dasar yang menjadi sumber lahirnya tingkahlaku itu, yaitu jiwanya. Diantara hal-hal yang mendasari terjadinya tingkahlaku adalah sebagai berikut :
Pertama
:Instinct.
Instinct sering disebut juga dengan istilah naluri.. Secara garis besar naluri manusia dapat digolongkan menjadi tiga bagian, yaitu :instinct
menjaga diri agar tetap hidup.. Instinct
seksual dan . Instinct
takut..
Kedua: Adat Kebiasaan Perbuatan yang diulang-ulang dalam waktu lama oleh perorangan atau oleh kelompok masyarakat sehingga menjadi mudah mengerjakannya disebut adat kebiasaan. Secara psikologis, adat kebiasaan itu merupakan penyesuaian otak dengan urat saraf. Dalam perspektip ini maka orang tidak bisa menghafal al Qur’an bersama-sama dengan membiasakan berbuat maksiat, karena dua bentukan dalam urat syaraf itu bertentangan. Kebiasaan bisa dibentuk apa bila memenuhi syarat-syaratnya :(a). Perbuatan
yang diulang-ulang itu menyenangkan. (b). Memberi kemudahan kepada perbuatan
yang dibiasakan. ©. Menghemat waktu. .
Ketiga; Keturunan
Keempat; lingkungan. . Dunia pendidikan mengenal tiga lingkaran pendidikan, yaitu rumah tangga, sekolah dan lingkungan masyarakat. Bagi anak yang lingkungan keluarganya tidak sehat, maka sepenuhnya anak itu akan dibentuk oleh lingkungan masyarakatnya dibanding oleh sekolahnya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa , 83% perilaku manusia, dipengaruhi oleh apa yang dilihat, 11% oleh apa yang didengar dan sisanya oleh berbagai stimulus campuran. Dari penilitian ini dapat difahami bahwa perilaku anak-anak dan remaja akan lebih terbentuk oleh televisi dan realitas perilaku masyarakat dibanding oleh nasehat orang tua atau gurunya
Kelima; motivasi. Motivasi bisa disebabkan oleh hal-hal yang berbeda, antara lain ; karena (1)keyakinan, (2) terbawa, (3) terpedaya atau terpesona, (4) karena asal berbuat
Keenam: keinsyafan. Keinsyafan muncul bisa disebabkan oleh (1) ketajaman nurani, atau karena (2) kuatnya cita-cita. Cita-cita yang kuat bisa menghadirkan kehendak yang kuat. Kehendak yang kuat akan menyebabkan seseorang sanggup melakukan koreksi diri, interospeksi, melakukan kalkulasi psikologis, atau menginsyafi apa yang telah dilakukan dan apa yang sedang dialami, dan dari keinsyafan itulah ia bisa mengambil keputusan besar meski boleh jadi tidak difahami oleh orang lain.
Dari mana memulainya ?
Rasanya kini memang sulit menentukan dari mana kita bisa memulai membangun budaya masyarakat
yang berkarakter, karena kondisi tumpang tindih sebagai buah dari reformasi yang dijalankan persisi pada era
globalisasi.
Bagi masyarakat
ultra modern, ekpressi kebebasan demokrasi sudah sangat mermuakkan, tetapi bagi kelompok
urban, mereka sedang asyik-asyiknya menikmati kebebasan, bisa melempari polisi dengan batu, bisa mencaci-maki pemimpin
yang dulu ditakuti, bisa merobohkan pintu gedrbang kantor pemerintah dan sebagainya. Rasanya kini tidak ada teori
yang bisa digunakan sebagai dasar problem solving.
Belajar kepada sejarah Amerika, ternyata orang Amerika bisa juga bosan terhadap arogansi kulit putih terhadap kulit hitam. Limapuluh tahun
yang lalu, orang negro benar-benar dinista dalam system social Amerika. Tetapi kini Presiden
yang dipilih justeru orang kulit hitam, Obama barrack.
Oleh karena itu kita tidak boleh perputus asa untuk tetap membangun karakter masyarakat
yang bermartabat, meski hari-hari ini kurang laku.
Membangun karakter dewasa ini sama sulitnya seperti menebar benih di musim kemarau, tidak tumbuh. Tetapi jika tidak ada
yang menebar benih di musim kemarau, nanti ketika musim hujan yang tumbuh hanya alang-alang.
Pilihan-pilihan
Membangun budaya masyarakat bisa melalui lembaga pendidikan, lembaga social dan lembaga keagamaan.
Ada aktifitas strategis yang selalu dijalankan setiap tahun, tetapi nampaknya belum disadari pentingnya sebagai media pembangunan budaya masyarakat berkarakter, yaitu paskibraka, atau pasukan pengibar bendera pusaka.
Yang
Nampak pada upacara 17 Agustus di istana hanya pasukan pengibar bendera pusaka yang berasal dari perwakilan pelajar se
Indonesia.
Dibalik itu sesungguhnya ada rangkaian panjang kegiatan
yang berstruktur dan setiap tahun, yaitu proses rekruitmen dari sekolah-sekolah di daerah, dan ke atas diseleksi terus hingga terpilih 34 orang pasukan pengibar bendera tingkat nasional, dan ini dilakukan setiap tahun.
Bersamaan dengan itu ternyata bukan hanya pengibaran bendera merah putih, tetapi juga ada lomba kuliner dan lomba adhi busana. Selutuh
prose situ menanamkan budaya juara pada setiap tingkatan.
Kita
tahu dari pengalaman pasukan, merekja bisa menitikkan air
mata ketika mencium bendera merah putih, satu penanaman rasa cinta tanah air, satu ajaran yang juga diajarkan oleh agama, hubbul wathan minal iman.
Oleh karena itu sekiranya tradisi paskibraka dijadikan
media pembangunan karakter nasionalis bagi generasi muda, sekaligus tradisi
mental juara, akan merupakan benih karakter yang akan bertumbuhan setiap musim “hujan” di masa depan.
Rasanya perlu ada
yang memikirkan
“institusi” ini untuk menjadi infrastruktur budaya membangun karakter juara.
Ditunggu siapa
yang akan berinisiatif ?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar